Kamis, 25 Mei 2017

Mengenal Ciri-Ciri Ayam Kampung Super




Ayam kampung Super adalah ayam kampung yang berasal dari hasil persilangan antara ayam petelur dan ayam kampung. Inovasi penemuan ayam kampung super ini disebabkan karena banyaknya para peternak yang mengeluh karena lamanya menikmati hasil dari budidaya ayam kampung. Dengan penemuan ayam ini, dapat memberi jawaban bagi para peternak. Ayam kampung super dapat dipanen hasilnya dengan kurun waktu 45-60 hari.
Ayam kampung super memang ditujukan untuk para peternak agar mereka cepat memanen hasilnya. Ayam kampung biasa memang relatif lebih lama untuk dapat menikmati hasilnya, karena hal itu disebabkan cara pemeliharaannya yang masih sederhana.
Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri ayam kampung super?
Ternak ayam kampung super memang menjadi salah satu jawaban dari permasalahan lambatnya pertumbuhan ayam kampung. perkembangbiakkan ayam kampung super memang dimulai di Indonesia. Dengan ciri khas pertumbuhannya yang cepat ini memang yang membuat para peternak Indonesia memilih ayam kampung super yang dipilih untuk dibudidayakannya.
Di Indonesia pada umumnya dalam berbudidaya ayam kampung super dilakukan dengan sistem umbaran dan intensif. Dengan sistem umbaran, ayam akan dibiarkan untuk mencari makanan sendiri. Cara ini tentunya kurang efektif produktivitas yang dihasilkan juga kurang optimal. Dengan sistem intensif para peternak akan lebih memperhatikan kualitas pakan, pemeliharaan serta perkembangannya, ayam yang diberikan pakan  yang berkualitas akan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi
Berikut 11 Ciri-Ciri Ayam Kampung Super :
  1. Ukuran DOC lebih besar
  2. Memiliki warna yang dominan yaitu putih dan kuning, dan beberapa muncul warna coklat, abu-abu dan hitam
  3. Ayam kampung super relatif lebih kuat dalam masa awal pemeliharaannya
  4. Tahan Penyakit
  5. Lincah
  6. Berkokok
  7. Bertengger
  8. Tingkat kematian ayam kampung juga relatif rendah dibanding dengan ayam kampung biasa
  9. Masa panen berkisar antara 45-60 hari
  10. Harga ayam kampung super memang relatif lebih murah, akan tetapi pakan otomatis yang dihabiskan akan lebih sedikit
  11. Memiliki kemampuan bertelur secara terus menerus seperti ayam ras, tetapi tidak memiliki sifat mengeram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar