Selasa, 13 Maret 2018

agar ayam kampung cepat betelur

Jika Anda berternak ayam kampung dan ingin tahun cara agar ayam cepat bertelur dan berkembang. Ini dia selengkapnya.

Perlakukan anak dan induk
Tips agar ayam kampung cepat bertelur  pertama adalah dengan memperlakukan anak dan induk dengan perkaukan istimewa. Mengapa? tujuannya untuk mempercepat proses perkembangbiakan ayam lebih dari cara biasa. Pertama lakukan penyapihan lebih awal. Anak ayam harus disapih saat berumur 1 hari atau pada umur 1 bulan, sebab saat ayam berumur 1 bulan anak ayam sudah bisa mencari makan sendiri.
Tetapi bila penyapihan lebih awal, maka harus disiapkan box khusus, diberi makanan dan pemanas yang memadai. Jangan lupa juga untuk memberi vaksin.
Pakan dan Nutrisi
tips agar ayam kampung cepat bertelur kedua adalah dengan memberikan pakan dan nutrisi yang tepat. Pemberian pakan adalah hal paling vital dalam mempercepat perkembangan ayam kampung petelur. Pakan yang diberikan wajib memenuhi syarat minimal untuk produksi.
Sedikitnya terdapat 6 nutrisi yang wajib ada di dalam pakan ayam. Antara lain:
  • Air. Saat sedang bertelur, atau usia petelur ayam membutuhkan 1,5 – 2 gram air untuk setiap gram pakan yang dimakan.
  • Protein. Ayam petelur membutuhkan 16 – 17%.
  • Karbohidrat.
  • Lemak. Pada umumya bahan pakan seperti dedak mengandung 2,5% lemak.
  • Mineral.
  • Vitamin.
Kawin Silang Ayam
Dengan adanya banyak jenis ayam di Indonesia, peternak dapat melakukan kawin silang untuk memperoleh keturunan unggulan bernilai tinggi. Caranya dapat Anda pelajari dari peternak senior, instansi pemerintah atau buku.
Vaksinasi ND secara teratur
Tips agar ayam kampung cepat bertelur yang tak kalah vital adalah melakukan vaksinasi ND atau New Castle Disease secara teratur. Vaksin ini untuk mencegah penyakit tetelo atau sampar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar