Senin, 12 Maret 2018

ciri ayam cemani asli


Ayam cemani yang legendaris membuat sebagian kalangan ingin mengoleksinya. Namun karena terkadang banyak nya permintaan dan terbatasnya ayam munculah Ayam Cemani abal-abal atau tidak asli. Untuk sejarah ayam cemani ada beberapa versi namun jenis ayam ini memang berkembang dengan baik di daerah Temanggung Jawa Tengah. Sepengetahuan kami sebagai perternak dan bergaul dengan peternak lain akan cukup mudah untuk mendeteksinya.
Bagaimana cara mudah untuk mengetahui keaslian Ayam Cemani?
Berikut ini akan kami sampaikan cara mengetahui ayam cemani asli dengan mudah:
  1. ParuhParuh Ayam Cemani berwarna hitam. Warna hitam ini akan nampak dari Ayam Cemani yang masih kecil. Namun seiring berjalanya waktu ujung paruh akan aus karena untuk mematuk makanan terus menerus dan terlihat warna putih karena aus. Biasanya muncul di ujungnya paruh.
  1. BuluBulu ayam cemani berwarna hitam. Bila ayam cemani sebelumnya pernah di silangkan dengan ayam lain maka warna hitam dari bulunya tidak bisa mencapai 95%. Hal ini yang menjadikan kita mudah untuk mengetahuinya.
  1. Ketiak atau kulitMendekati angka 100 persen untuk warna ketiak maupun kulit ayam cemani berwarna hitam. Hampir secara keseluruhan ayam cemani semua kulit tubuhnya berwarna hitam.
  1. DuburDubur ayam cemani berwarna hitam legam. Hal ini sangat berbeda dengan jenis ayam lain.
  1. KakiBagi yang sudah terbiasa melihat ayam kampung mungkin sering melihat kaki ayam yang berwarna kuning atau kadang juga putih. Namun untuk ayam cemani memiliki kaki yang berwarna hitam. Namun hitam di sini bukan hitam legam karena seperti kita ketahui bersama bahwa kaki ayam bersisik sehingga kalau kering akan berwarna putih.
  2. Tenggorokan dan lidahTenggorokan ayam cemani berwarna hitam walaupun lidahnya berwarna abu-abu atau malah terkadang putih. Walupun begitu Ayam cemani lidah hitam pun masih banyak yang mencarinya. Meskipun selama kami ternak sejak 1999 kami belum pernah menemukanya.
  3. JenggerJengger ayam cemani mempunya warna hitam. Tapi memang saat ayam cemani beranjak semakin dewasa di jengger bagian bawah kadang terlihat warna merah.
Untuk daging ayam cemani sendiri walaupun tidak berwarna hitam total tetapi ciri khas daging cemani asli jelas terlihat. Daging ayam cemani terihat hitam dan beberapa bagian nampak keabu-abuan hal ini menjadikan beberapa orang merasa ngeri untuk menyantapnya. Ada memang yang berusaha memberi makanan ayam cemani dengan beras hitam, sejenis kluwak, dll. Untuk makanan ayam cemani asli yang biasa kami berikan sebenarnya cukup voer atau BR atau kadang di sebut juga dengan konsentrat ayam, itu saja sudah cukup. Dan kami tidak memberikan makanan khusus ayam cemani. Meskipun begitu hasil dari ternak ayam cemani kami pun tetap bagus, sehat dan tumbuh dengan baik.

Namun setahu kami pemberian pakan seperti ini belum terbukt membuat daging ataupun darah ayam cemani berubah menjadi hitam total.
Meskipun begitu saat di masak cita rasa daging ayam cemani mirip dengan daging ayam kampung. Berikut foto daging ayam cemani yang pernah kami dokumentasi.
Tujuh poin di atas cukup menjadi bahan untuk mengetahui ayam cemani tersebut asli atau tidak. Sedangkan bagi penghobi yang masih mencari ayam cemani lidah hitam, selama kami ternak ayam cemani kami belum pernah menemukan ayam cemani lidah hitam. Selain itu ada juga yang mencari ayam cemani dengan warna darah hitam. Hal ini juga merupakan fenomena tersendiri disaat kami memelihara ayam cemani untuk ayam hias malah mau dilihat darahnya padahal sebagai ayam hias kita akan melihat ayam cemani yang mempunyai keunikan bentuk dan warnanya. Mengenai darah ayam cemani berwarna merah tua.
Untuk ternak ayam cemani sebenarnya cukup mudah dan cara membuat kandang ayam cemani pun mirip seperti saat kita membuat kandang ayam kampung pada umunya. Hanya saja sebaiknya memang ayam cemani ini tidak di gabung dengan ayam jenis lain untuk menghindari kawin silang sehingga jenis ayam cemani kita terjaga keaslianya. Ayam cemani ini memang bisa di bilang usaha yang cukup prospektif sebagai contoh untuk harga telur ayam cemani biasa kami jual 40 ribu per butirnya. Mengenai manfaat telur cemani sendiri ada beberapa yang percaya memberi kekuatan lebih meskipun begitu saat kami mengkonsumsinya tidak ada efek spesial yang muncul. Jadi sampai sekarang kami menganggap telur ayam cemani asli sebenarnya hampir sama atau sama dengan telur ayam kampung pada umumnya.
Sampai sekarang memang setahu kami belum ada yang meniliti lebih dalam tentang khasiat ayam cemani. Hal ini memang suatu tantangan bagi kalangan ilmuwan kita untuk meneliti lebih lanjut mengenai aset jenis ayam ini. Sehingga mitos ayam cemani pun dapat terkikis dan masyarkat kita lebih berfikir obyektif melihat ayam cemani selayaknya ayam hias atau ayam mempunyai manfaat tertentu dengan dasar penelitian yang dapat di percaya.
Bagi yang sedang mencari ayam cemani untuk pengobatan, ritual atau keperluan lain yang sejenis segeralah untuk bertobat. Sandarkanlah kepada Allah bukan pada ayam cemani. Sungguh perbuatan seperti itu sangat dekat dengan kesyirikan dan orang yang berbuat syirik akan sesat di dunia dan akhirat. Allah Ta’ala berfirman,
وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا
Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS. An Nisa’: 116).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar