Senin, 12 Maret 2018

jenis ayam shamo


 
Ayam Shamo yang kita kenal secara resmi dikenal sebagai O-Shamo, tetapimereka memiliki banyak sub-spesies seperti Chu-Shamo, Taiwan-Shamo, Tuzodan masih banyak yang lainPerbedaanya hanya dalam berat danjenis.

Trah ini didatangkan ke Jepang padaabad ke-16Namanya berasal dari kata"Sham" yang berarti "Siam (Thailand)". Ini adalah alasan mengapa kebanyakan orang berpikir bahwa jenis ayam ini adalah keturunan dari ayam hutan Malayoid kuno, tetapi yang sudah punahPada awal abad ke-16 penguasa Jepang Ieyashu Tokugawa memperbolehkan pedagang dan pelaut Jepang  untuk memulai perdagangan dengan negara-negara di seluruh AsiaMaskapai "redseal", sebuah kapal yang diberi izin perdagangan oleh kaisar sendiri berlayar ke India, Vietnam, Cina, SiamFilipinaIndonesiaBurmadan wilayah asia lainya. Selain untuk misi perdagangan, mereka juga mencari hal-hal baru dan menarik untuk diimpor ke JepangDiantara hal-hal menarik tersebut termasuk juga berbagai jenis ayam petarung. Ayam-ayam ini kemudian disilangkan satu sama lain atau dengan ayam lokal.

Sebuah trah ayam petarung baru berusaha diciptakan dan dikembangkanDari waktu ke waktu keturunan yang paling sukses bertahan kemudian dibiakan untuk dijadikan standar / patokan. ayam petarung dari Jepang yang paling terkenal baik di dalam negeri maupun di luar Jepangadalah O-Shamo. Kadang-kadang disebut 'Raja Gamefowl' atau raja ayam petarung.

Ciri-ciri fisik
Memiliki pial (jengger) belah tiga atau istilahnya walnutcombmata cerahparuhbesar dan kuatujung sayap agak sedikit keluar dari tubuh, sendi sayap jelasmengarah ke ataspaha kuat berotot dan terlihat jelasBahu yang menonjoldengan sayap yang kuat pendek mengarah ke bawahKulit merah pada dada yang tidak memiliki banyak bulu sera memiliki dada bidang. Garis ekor harushorisontalsearah punggung atau di antara garis punggung. Warna bulu betis berwarna kuning atau kuning dengan bercak hitam untuk ayam dengan dominasi warna hitamDi Eropa betis willow-hijau terlihat tetapi menurut informasi yang tersedia warna ini tidak diterima di 'standar kesempurnaanJepang resmiKarena berbagai kondisi iklim dan kegemaran yang berbeda di berbagai daerah di Jepang, sedikit perbedaan dalam berat dan ukuran adalah sangat dimungkinkanBerat ayam jantan berkisar 12,3 Lbs (5.6 Kg),  betina berkisar 10,7 Lbs (4.8 Kg). Pendapat ini disampaikan oleh Yoshihisa Kubota (Sekretaris Komunitas ayam di Jepang ) meskipun tidak banyak dari ayam ini terlihat di arena pertarunganDi Eropa ayam O-Shamo jantan harus memiliki berat minimal 8,8 Lbs (Kg),sedangkan ayam betina 6,6 Lbs (Kg). Berikut ini adalah ilustrasi tentang ayam shamo.
Banyak peternak menyebut ayam petarung jepang dengan berbagai nama seperti "Koyama ShamoSuzuki ShamoMakino ShamoTeramoto Shamo", Seto Shamodan sebagainya. Hal Ini tidak harus dilihat sebagai jenis yang berbeda tetapihanya nama trah ayam Shamo terkenal dari para peternak (strain). Sama halnya seperti di indonesia, sebagai contoh meskipun Ayam "x" berjenis BK dan peternaknya memberi nama "Jagal" bukan berarti "Jagal" ini berbeda trah dari ayam BK lainya. Menurut sumber-sumber Jepang hanya ada O-Shamo (Shamokelas berat) dan Chu-Shamo (Shamo kelas menengah). O-Shamo yang berlaga di arena di Jepang hanya dengan taji tumpul (lepek) tetapi tidak pernah dengan baja atau taji buatan seperti halnya di arena sabung ayam indonesia khususnya di pulau BaliNamun di beberapa Negara seperti di belgia, ayam Shamo yang berlaga dipasangi taji bajaO-Shamo adalah jenis ayam petarung yang ideal yang menggabungkan ukuran, beratkecepatan, kekuatanstamina dan daya tahan{InformasiYoshihisa Kubota (Sekretaris Jepang Unggas Masyarakatdan JuliaKeeling (Isle of Man)}. 
Sedangkan menurut I. Teramoto (mantan Presiden "Nippon Gunkei Hyogi Kai") ada 2 macam sabung ayam di arena tarung di Jepang:

1. Pertarungan di mana pemenang ditentukan setelah pertarungan seri tanpa tajibuatan dan tanpa
    hadiah uangSemua jenis Shamo digunakan.
2. Pertarungan di mana satu-satunya tujuan adalah untuk mendapatkan uangHal ini umumnya  
    diperoleh dengan pertarungan yang cepat dan ringan atau dijepang disebut Satsumadori.

"Nippon Gunkei Hyogi Kaiadalah sebuah organisasi yang mendukung sabung ayam jenis pertama Ayam Shamo yang digunakan dalam pertarungan dapat dibagi menjadi 2 kelompok, 'Buchidori' (atau semidoridan 'Ukedori'Ayam kelompok 'Buchidori' memiliki leher yang kuatkonsentrasi yang baik dan cepatDia mengalahkan lawannya dalam waktu singkat, namun teknik pertahanannyalemahAyam 'Ukedori' memiliki daya tahan yang sangat kuatDia bisamenghindari serangan lawannya dengan mudah dan dia menyerang kembali ketika lawannya lelah.

Pertarungan yang diselenggarakan, diberi waktu istirahat setiap dua puluh menituntuk memberikan air pada ayam hanya selama satu menitPerkelahian Ayam 'Buchidorisebagian besar diselenggarakan di musim semi dengan ayam mudayang lahir setelah februari tahun laluPerkelahian dibagi kedalam 7 kelompok sesuai dengan berat badan merekaArena Pertandingan atau ring yang digunakan disebut Dokyo atau Shiba dan memiliki diameter 2 m dan dikelilingi dengan bambu atau rumput keringPertandingan babak pertama selama 40menitpertandingan babak kedua selama 60 menitpertandingan babak ketiga dan pertandingan babak berikutnya 70 menit dan pertandingan final selama 90menitSeekor aya dinyatakan kalah ketika salah satu peristiwa berikut terjadi:
* Tobidashi atau Aikiriayam berjalan atau melompat keluar dari arena atau diamenunjukkan bahwa dia ingin berhenti.
* Hashi zeiëparuh menyentuh tanah selama lebih dari 3 menit
* Munetuki: dada menyentuh tanah selama lebih dari 3 menit
* Kamenokomenyembunyikan / meletakan kepala di punggung musuh.

Ketika ada yang kalah setelah pertandingan selesaikedua ayam dapat berpartisipasi dalam pertandingan berikutnya melawan ayam lainSumber lainmengatakan bahwa sebagian besar pertarungan di Jepang adalah antara ayam besar (+4,5 Kg - 5 Kgdan ayam yang lebih kecil (lebih ringan.sekitar 3,7 Kg). Peraturanya adalah ayam yang lebih kecil harus bertahan selama 1 jam, jika dapat bertahan maka ayam tersebu menang dengan kata lain ayam besar harusmeng-KO ayam kecil dengan waktu dibawah 1 jamKarena arena yang digunakan sangat kecil, maka ayam besar tidak dapat mengambil ruang yang dia butuhkan untuk sepenuhnya mengembangkan serangannyaAyam yang lebih kecillebih cepat dan tidak perlu begitu banyak ruang untuk menyerang. Jepangadalah satu-satunya negara yang saya tahu di mana pertarungan yang dilakukanantara ayam dengan kelas / berat yang berbeda.
 
Peternak Jepang selalu ingin bereksperimen dan mencarijenis yang lebih ekstrimSelain dari jenis Ô-Shamo kelas berat, ada juga beberapa jenis lainya seperti :

Tosa-Chibi
Tosa-chibi: terkecil di keluarga Shamo beratnya hanya750 grJenis ayam ini telah menjadi sangat langkaCara berdirinya tidak begitu ekstrim vertikal dan bulu merekalebih lembut. Jenis ini berasal dari trah Ko-Shamo. Meskipun mereka sangat kecilmereka memiliki proporsi yang seimbang normal antara lehertubuh dan kakiDi Jepang mereka adalah contoh jenis ayam dengan kaki pendek yang ekstrim dalam bertarung. 

Chibi
Dikembangbiakkan menjadi versi kecil dari Yamato . Ayam jantan dewasa beratnya hanya 1KgMereka memiliki leherkaki dan tubuh yang pendekMemiliki postur berdiri yang tegak dan disertai bulu yang sangat pendek.

Ko-ShamoJenis ini yang paling terkenal di kalangan Shamo kecilMereka memiliki postur tegak, panjang dan berdiri total vertikal, dengan 1/3 leher, 1/3 tubuh dan 1/3 kaki proporsiKepala tebal dan bulat tapi belum begitu banyak keriput sebagai ChibiBulu-bulu yang sangat pendekSayap tidak mengepit badan dan ketika mengepit pada waktu yang samaSayap-tips ujungnya menempel di atas atau di samping ekorbukan di bawah ekorAyam jenis ini memiliki berat sekitar 1 Kgsaat mereka berusia 1 tahunketika mereka tua mereka dapat menjadi sedikit lebih beratKarakter mereka menakjubkan, mereka tidak kenal takut dan sangatramah dengan pemelihara merekabahkan anak-anak pun dapat bermain dengan merekaDi Eropa banyakayam yang telah menyeberang selama bertahun-tahun sehingga mereka kehilangan jenis ayam yang memiliki karakter unik dan ekstrim. Tetapi masih ada beberapa peternak yang selalu menyimpan trah yang asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar