Senin, 10 Juni 2019

bibit entok mojokerto

Budiaya entok mungkin tidak sepopuler ayam atau bebek, karena memang dari segi pemasaran entok lebih sulit ketimbang unggas-unggas lainnya. Namun, meskipun demikian tidak menutup kemungkinan juga setelah kita menemukan pasa potensial, beternak entog justru lebih menguntungkan ketimbang ternak ayam, atau ternak bebek.

Alasan Ternak Entok

Ada beberapa alasan kenana kita ternak entok, beberapa diantaranya adakah karena:
  1. ‘Kebal’: Alasan pertama kenapa ternak entok adalah karena unggas yang satu ini tidak mudah terserang penyakit dan tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca yang ekstrim sekalipun.
  2. Harga tinggi: Karena bisa dibilang cukup sedikit orang yang terjun dalam budidaya entok, maka hewan yang gemar bermain di air ini memiliki harga yang lumayan tinggi. Untuk di jawa timur pejantan yang sudah besar bisa mencapai harga 100ribu, dan bila di jawa tengah harga entok cenderung lebih mahal.
  3. Rakus: Nah ini lagi salah satu kelebihan entok, di sangat rakus makan sehingga relatif cepat besar. Namun tentu saja konsekuensinya kita harus stok pakan yang lebih banyak lagi. Selain rakus makan entok juga mau dan bisa memakan apa saja yang ditemuinya. Berikan makanan yang berprotein tinggi agar entok cepat besar.

Cara Ternak Entok Step by Step

Untuk sukses ternak entok, maka kita harus benar-benar memperhatikan beberapa hal, mulai dari lokasi budidaya, pakan hingga perawatan harian.

1. Persiapan kandang

Seperti yang sudah disebutkan di atas, entok sangat suka bermain air, maka dari itu kita harus menyediakan tempat untuk berendam entok. Carilah lokasi yang dekat dengan air atau kubangan.
Buatlah kandang yang dilengkapi dengan tempat makan di dalamnya dengan ketinggian kandang yang cukup tinggi dan dibuat dari jaring dipadukan dengan bambu. Ketinggian kandang ini dimaksudkan agar bebek tidak terbang dan lari dari kandang. Kemudian, kandang yang terbaik untuk anak entok adalah kandang battery. Selain tempat makan, sediakan juga tempat mengeram di dalam kandang.

2. Pemilihan Indukan

Hal yang tidak boleh lupt adalah pemilihan indukan agar telur atau daging yang dihasilkan bagus serta bisa cepat. Jika anda ingin melakukan budidaya entok secara modern sebaiknya beli indukan daripada anakan atau biasa dikenal DOE, apabila anda mempunyai indukan 20 dan semuanya rata rata bertelur 10 maka anda dalam waktu 40 haru sudah mempunya 200 DOE, simple bukan.

3. Pakan

Dalam kandang battery, tempat meri bersama dengan induknya selama 1 hingga 2 hari. Tujuannya adalah agar meri dapat menyesuaikan diri dengan cara memakan pakan yang Anda siapkan. Induknya akan secara alami mengajari anaknya. Jangan lupa untuk melengkapi kandang battery dengan lampu yang memiliki daya 5 hingga 10 watt. Kemudian di dalam kandang tersebut masukkan juga wadah minum karena mereka senang dengan nyosor atau makan. Soal pakan, bebek entok senang sekali dengan makanan. Bahkan, induk entok bisa makan setengah kilogram dedak.
Cara ternak entok ini bisa dikatakan mudah karena entok tidak banyak pilihan dalam pakanannya. Sangat mudah mencari pakan untuk bebek satu ini. Seperti dedak, bekatul, dan yang lainnya. Bahkan entok juga mau memakan sayuran, jagung, dan yang lainnya.

4. Perawatan

  1. Usia 1 sampai 2 minggu dikasih makan konsentrat starter dan minuman berupa air bersih yang dapat dicampur dengan vitamin.
  2. Campurkan konsentrat starter dengan pakan induk untuk Minggu selanjutnya
  3. Usia 1 bulan anak-anak entok ini telah dapat dilepas bermain di pekarangan dan di kolam budidaya entok. Pada saat ini walau entok telah lebih kuat namun udara dingin dapat membuat perut mereka kembung dan pencernaannya terganggu. Untuk itu pastikan perut mereka telah terisi sebelum malam hari dan jika angin bertiup kencang dan pada malam hari suhu udara menjadi lebih dingin tutup dinding kandang dengan terpal untuk menjaga kehangatan di dalam kandang.
  4. Induk entok bertelur setelah 1 bulan dipisahkan dari anaknya (disapih).
  5. Ketika berumur 2,5 bulan entok telah mencapai bobot 2,5 kilogram. Saat itu tubuh entok telah ditumbuhi oleh bulu berwarna putih, bulu ekor telah memanjang, dan bulu-bulu di bagian sayap mulai tumbuh. Pada periode ini entok semakin lahap menyantap pakan.
  6. Entok sendiri bisa bertelur setelah masa pengeraman 35 hari dan 2 atau 3 minggu
Agar nafsu makan entok stabil, dalam usaha rumahan cara ternak entok yang baik Anda disarankan untuk menyediakan pakan tanpa air.
Pelaku budidaya entok telah dapat memanen entok atau menunggunya beberapa minggu lagi. Jika pelaku budidaya entok berniat mempersiapkan peliharaannya sebagai indukan maka masa pemeliharaan masih akan terus berlangsung hingga usia 6 bulan. Pelaku budidaya entok tentunya harus dapat memilah tujuan pemeliharaan ternak unggasnya sehingga memperoleh keuntungan yang maksimal.

5. Vaksinasi

Meskipun entok kebal terhadap penyakit, tapi bukan berarti tidak bisa terserang penyakit sama sekali. Maka dari itu perlu juga dilakukan vaksinasi. Karena satu-satunya virus yang mudah terjangkit adalah virus flu dan pilek, vaksin Vitachicks bisa jadi pilihan.

Tentunya kita semua telah mengenal yang namanya entok. Entok adalah jenis hewan unggas yang cukup popular di tengah masyarakat setelah ayam dan bebek. Hewan entok ini sering dimanfaatkan baik dari telur hingga dagingnya untuk konsumsi. Permintaan entok di pasaran memang terbilang sangat stabil. Dengan permintaan entok yang tinggi namun masih sedikitnya pelaku bisnis entok yang tengah ada saat ini. Hal ini memberikan keuntungan untuk peluang usaha budidaya entok. Dimana mampu mendatangkan keuntungan yang bisa dikatakan terbilang fantastis. Yangmana bisnis budidaya entok dapat Anda jalankan dengan mudah dan menguntungkan. Jikamana bisnis budidaya entok dapat Anda tekuni dan telateni maka untung yang didapatkan lebih besar. Pengembangbiakan dalam budidaya entok memang tidaklah sulit. Jika kita mengetahui daan mengenal lebih dalam mengenai hewan entok ini tentunya bisnis ini akan menjanjikan. Mungkin Anda tertarik menerjuni bisnis budidaya entok! Jika iya tentunya bisnis budidaya entok sangat menarik dibahas lebih lanjut. Jika Anda mengetahui lebih dalam mengenai bisnis budidaya entok maka silahkan lihat ulasannya di bawah ini. Kami membahas mengenai bisnis budidaya entok mulai dari prospek hingga analisa usahanya berikut ini  :
Memulai bisnis budidaya entok
Bisnis peternakan entok memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya entok yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya entok ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya entok di lahan kecil atau pekarangan rumah.
Pelaku bisnis budidaya entok
Bisnis budidaya entok ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya entok ini dapat Anda jalankan dengan mudah.
Konsumen bisnis budidaya entok
Konsumen budidaya entok memang tidaklah sulit, konsumen budidaya entok cukup besar mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner.
Peralatan bisnis budidaya entok
Dalam bisnis budidaya entok membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya pembuatan kandang entok, pengadaan bibit entok, kandang entok, sewa lahan,  timbangan, selang, tempat makan dan minum entok, ayakan, mesin giling pakan, terpal dan timba, dan lainnya . Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya entok makin maksimal
Pemasaran budidaya entok
Dalam berjualan budidaya entok, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkannya entok bagus ke swalayan atau supermarket.
Karyawan bisnis budidaya entok
Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya entok bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.
Harga jual budidaya entok
Patokan harga untuk budidaya entok dapat Anda buat dalam hitungan per ekor dimana harga mulai Rp 25.000 hingga Rp 35.000. Ini tergantung dari harga entok yang ada di pasaran.
Keuntungan dalam menjalankan bisnis budidaya entok
Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya entok ini yakni merupakan bisnis peternakan entok yang paling menguntungkan. Sebab pemasaran entok terbilang mudah.
Kekurangan bisnis budidaya entok
Segi kekurangan bisnis budidaya entok ialah budidaya entok memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat.
Analisa bisnis budidaya entok
Investasi
Peralatan Harga 
 pembuatan kandang entok Rp.    2.345.500
 pengadaan bibit entok Rp.    2.134.500
 sewa lahan kandang entok Rp.     2.300.500
 ayakan Rp.         133.800
 rak entok Rp.     2.380.500
 mesin giling pakan Rp.     1.484.400
 terpal dan timba Rp.          88.500
 timbangan Rp.         211.200
 selang Rp.           61.000
 tempat makan dan minum entok Rp.         211.500
 Peralatan tambahan yang lainnya Rp.           71.000
 Jumlah Investasi Rp. 11.422.400

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap Nilai
 Penyusutan pembuatan kandang entok 1/62 x Rp 2.345.500 Rp.           37.831
 Penyusutan pengadaan bibit entok 1/62 x Rp. 2.134.500 Rp.           34.427
 Penyusutan sewa lahan kandang entok 1/62 x Rp. 2.300.500 Rp.           37.105
 Penyusutan ayakan 1/44 x Rp 133.800 Rp.             3.041
 Penyusutan rak entok 1/62 x Rp 2.380.400 Rp.          38.394
 Penyusutan mesin giling pakan 1/62 x Rp 1.484.400 Rp.           23.942
 Penyusutan terpal dan timba 1/44 x Rp. 88.500 Rp.             2.011
 Penyusutan timbangan 1/62 x Rp. 211.200 Rp.             3.406
 Penyusutan selang 1/44 x Rp. 61.000 Rp.             1.386
 Penyusutan tempat makan dan minum entok  1/44 x Rp. 211.500 Rp.             4.807
 Penyusutan peralatan tambahan 1/44 x Rp. 71.000 Rp.             1.614
 gaji karyawan Rp.    1.500.000
 Total Biaya Tetap Rp.   1.687.964

Biaya Variabel
pakan entok Rp. 123.000 x  30 = Rp.   3.690.000
minuman Rp.   16.300 x  30 = Rp.      489.000
karung Rp.   10.500 x  30 = Rp.      315.000
alat habis pakai Rp.   22.500 x  30 = Rp.      675.000
vitamin Rp.   26.200 x  30 = Rp.      786.000
pakan tambahan Rp.   18.500 x  30 = Rp.     555.000
 vaksin atau obat Rp.   22.000 x  30 = Rp.     660.000
BBM Rp.  22.000 x  30 = Rp.     660.000
 alat lainnya Rp.   15.500 x  30 = Rp.      465.000
 air dan listrik Rp.   27.500 x  30 = Rp.      825.000
 Total Biaya Variabel Rp. 9.120.000

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel = Rp. 10.807.964

Pendapatan per Bulan
 harga entok
   88 ekor x Rp.30.000 = Rp. 2.640.000
Rp.2.640.000 x     2 hr = Rp. 5.280.000
harga telur entok
   65 kg x Rp. 21.000 = Rp. 1.365.000
Rp.  1.365.000 x     7 hr = Rp. 9.555.000

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.   14.835.000 – 10.807.964 = Rp. 4.027.036

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp.11.422.400 :4.027.036 =         3 bln

Dari analisa di atas dapat disimpulkan apabila bisnis budidaya entok sangat menguntungkan dimana modal Rp 11.422.400 dengan kentungan per bulan Rp 4.027.036 dan balik modal dalam 3  bulan.
Bisnis budidaya entok ini tidak akan berjalan maksimal jika tidak mengaplikasikan mesin mixer pakan ternak dalam pengelolaannya. Pemakaian dari mesin mixer pakan ternak dibutuhkan agar proses pengolahan pakan entok dalam budidaya entok berjalan lancar dan efektif. Kinerja mesin mixer pakan ternak yakni membuat pakan entok dengan langkah mudah. Tampilan mesin mixer pakan ternak sangat modern dimana kinerjanya sangat handal dan cepat. Proses pengolahan pakan entok untuk budidaya entok semakin mudah juga praktis dengan hadirnya mesin mixer pakan ternak. Dibandingkan cara membuat pakan entok secara manual memang menggunakan mesin mixer pakan ternak tampil unggul juga sangat efektif. Mesin yang penting dalam budidaya entok dengan hasil yang memuaskan dapat Anda miliki langsung lewat Toko Mesin Maksindo. Mesin mixer pakan ternak dari maksindo tersedia dengan mutu dan kualitas bagus.
Demikian tadi ulasan peluang usaha budidaya entok dan analisa bisnisnya yang bisa dijadikan referensi memulai bisnis budidaya entok tersebut. Tertarik mencoba bisnis budidaya entok ? Bisnis budidaya entok menjadi pilihan bisnis sangat menguntungkan. Dalam menjalankan bisnis budidaya entok jangan lupa untuk menggunakan mesin mixer pakan ternak agar bisnis berjalan lancar juga maksimal. Semoga informasi mengenai peluang dari bisnis budidaya entok tersebut dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar